Dedeng Abdul Gani Amruloh. SE., M.Si Ketua LP3M STIE Dr KHEZ Muttaqien

Keberadaan suatu institusi bukan semata-mata untuk sekarang, melainkan ada untuk masa yang akan datang dalam jangka panjang, untuk itu perlu adanya strategi-strategi usaha mempertahankan eksistensi institusi. Demikian halnya STIE DR. KHEZ. Muttaqien sebagai institusi pendidikan harus berada dalam ranah keberadaan jangka panjang termasuk menjangkau kemungkinan perubahan-perubahan situasi dan kondisi masa yang akan datang yang berdampak pada luaran STIE DR. KHEZ. Muttaqien.

Tugas pokok dan fungsi utama perguruan tinggi terletak pada Tridharma perguruan Tinggi, yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian sera Pengabdian Pada Masyarakat, ketiga dharma tersebut sudah seharusnya selaras dan sejalan dalam artian saling melengkapi dan saling mengisi.

Berkaitan dengan hal tersebut sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan tinggi STIE DR. KHEZ. Muttaqien memiliki kewajiban untuk melaksanakan dan menyelenggarak tridharma secara konsisten dan berkualitas, dan guna mendorong keinginan tersebut sebagai pelaksana teknis dan koordinasi bidang akademik untuk pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat maka di bentuklah Lembaga yang bersifat otonom di bawah koordinasi langsung Ketua STIE DR. KHEZ. Muttaqien yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat yang di singkat LP3M, melalui Surat Keputusan Ketua Nomor : 15/03.01/X/2016.

Penerjemahan keinginan adanya peningkatan kuantitas dan kualitas Penelitian dan Pengabdian Pada masyarakat (PPM) sebagaimana diamanatkan STIE DR. KHEZ. Muttaqien maka perlu dibuat suatu Rencana Strategis (Renstra) sebagai arah LP3M STIE DR. KHEZ. Muttaqien untuk periode 2016-2022, yang dibangun berdasarkan visi STIE DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta, yang merupakan kristalisasi cita-cita dan komitmen bersama tentang kondisi PPM ideal masa depan yang ingin dicapai dengan mempertimbangkan potensi yang dimiliki, permasalahan yang dihadapi dan berbagai kecenderungan (perubahan lingkungan) yang sedang dan akan berlangsung.

Titik berat Perencanaan Strategi (Renstra) LP3M STIE DR. KHEZ. Muttaqien ini adalah aspek-aspek strategis dalam penyelenggaraan dan pengembangan PPM yang meliputi (1) kinerja Penelitian, (2) kinerja Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) (3) kinerja pengelolaan hasil dan relevansi hasil P3M dengan pendidikan dan pengajaran(4) budaya organisasi dan iklim P3M pada sivitas akademika, dan (5) kemampaatan hasil P3M untuk kesejahteraan masyarakat, serta (6) kemanfaatan jaringan kerjasama (networking) institusional.

Penyusunan Rencana Strategis ini dimaksudkan sebagai pedoman untuk penyelenggaraan dan pengembangan LP3M STIE DR. KHEZ. Muttaqien untuk 5 (lima) tahun ke depan, walapun demikian rencana Strategis ini bukanlah merupakan pedoman yang statis, melainkan dinamis, dalam artian, rencana tersebut dapat ditinjau ulang secara periodik, setiap setahun sekali.Peninjauan rencana juga dapat dilakuakan sesuai dengan perubahan-perubahan penting yang diperkirakan berpengaruh secara signifikan terhadap penyelenggaraan dan pengembangan sekolah tinggi.

Rencana Strategis LP3M STIE DR. KHEZ. Muttaqien disusun berdasarkan kesadaran, kehendak, kebutuhan bersama untuk dijadikan sebuah pedoman bagi penyelenggaraan dan pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat (P3M), agar setiap keputusan yang diambil dan setiap langkah yang ditempuh oleh setiap elemen pada setiap level merupakan bagian dari upaya untuk menuju tujuan bersama yang sudah ditetapkan.

Rencana Strategis merupakan pedoman bagi rencana operasional, untuk itu perlu dijabarkan dalam perencanaan operasional yang seperti Rencana Strategis ditingkat Program Studi dan Unit Kerja, Rencana Tindakan (Action Plan) per bidang, dan berbagai peraturan penyelenggaraan PPM di lingkungan STIE DR. KHEZ. Muttaqien. Keberadaan rencana strategis LP3M STIE DR. KHEZ. Muttaqien sangat perlu sebagai panduan bagi seluruh civitas akademika STIE Muttaqien untuk menyongsong masa depan yang penuh perubahan dan dinamis.